Profil HIMAKA

Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMAKA) FMIPA Universitas Padjadjaran terbentuk pada bulan November tahun 1958 di jalan Cilaki. Inisiasi berdirinya HIMAKA Unpad dilaksanakan dirumah seorang perwira Belanda. Posisi ketua himpunan pertama kali di amanahkan kepada Bapak O. Tjahjadi. Pembentukan HIMAKA Unpad awalnya didasarkan kepada kesukaan terhadap ilmu kimia berupa kelompok-kelompok belajar kecil, dikarenakan jumlah mahasiswa kimia dahulu sedikit.

Tahun 70-an HIMAKA Unpad mencapai kondisi yang stabil dan memasuki tahun 80-an HIMAKA mencapai masa kejayaan. HIMAKA pernah mengalami kevakuman eksistensinya pada sekitar tahun 1988 akibat adanya kebijakan mengenai NKK-BKK oleh pemerintahan pada waktu itu. Pada tahun 1999 Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMAKA) FMIPA Unpad memiliki Anggaran Dasar-Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dan Garis-Garis Besar Haluan Kerja (GBHK), dengan demikian peran serta fungsi HIMAKA dalam menjalankan eksistensinya semakin menjadi lebih jelas dan terarah.

Sampai saat ini HIMAKA masih aktif dalam kegiatan-kegiatan baik didalam ataupun diluar kampus. HIMAKA pun telah tergabung dalam himpunan mahasiswa kimia se-Indonesia yaitu IKAHIMKI…. vivat HIMAKA!!!!!