Senyawa Asam pada Kopi

Sani Dwiningrum – 140210150001

Kopi merupakan salah satu kekayaan alam yang terdapat di Indonesia.Penghasil kopi terbesar dan pengekspor yaitu Negara Brazil mulai dari tahun 1830. Kopi juga merupakan salah satu hasil pertanian di Indonesia.Berdasarkan data dari kementerian Perindustrian, Indonesia penghasil kopi ketiga terbesar di dunia setelah Brazil dan Vietnam. Kopi adalah minuman yang berasal dari biji kopi dan minuman yang mendunia dan terkadang banyak orang hanya melihat sisi negatife dari kopi padahal kopi memiliki sisi positif yang sangat menguntungkan. Secara umum masyarakat hanya tahu tentang kandungan yang terdapat pada kopi yaitu senyawa kafein. Selain senyawa kafein ada juga satu senyawa yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Sudah tahu kah tentang Senyawa Klorogenat atau Asam Klorogenat
`Asam Klorogenat merupakan senyawa kimia yang memiliki banyak manfaat bagi kesehtan tubuh yaitu asam yang berfungsi sebagai antioksidan dan menurunkan berat badan. asam klorogenat ini yang ada pada biji kopi berikatan dengan senyawa kafein. Asam Klorogenat juga mudah larut dalam suhu tinggi,etil asetat dan aseton. Asam klorogenat tersebut dapat untuk membakar timbunan lemak didalam tubuh kita, dan memperlambat pelepasan glukosa dari dalam aliran darah dan dapat untuk menurunkan resistensi insulin yang mencegah kenaikan berat badan. Menurut Erna Ciptianingsih magister ,menyatakan bahwa asam klorogenat merupakan metabolit terbesar yang terdapat pada biji kopi, saenyawa ester ini umumnya terbentuk dari asam quinat dan trans –asam sinamat. Telah diteliti bahwa dalam 200ml Kopi Arabika mengandung 70-200mg asam klorogenat dan pada Kopi Robusta mengandung 75-350mg asam klorogenat.
Tidak hanya sebagai obat yang dapat menurunkan berat badan , asam klorogenat juga berfungsi sebagai senyawa aktif yang mampu menghambat atau mematikan sel kanker hepatoseluler (Kanker Hati).Berdasarkan jurnal penelitian Pengaruh Asam Klorogenat Kopi Robusta Lampung Terhadap Ekspresi Cyclin D1 dan Caspase 3 pada Cell Lines Hep -G2.Asam klorogenat dihasilkan dari kopi melalui proses ekstraksi, fraksinasi dan isolasi, salah satu khasiatnya adalah berperan sebagai antioksidan eksogen yang berperan dalam mencegah kerusakan sel serta menghambat pertumbuhan sel kanker melalui pengikatan sejumlah radikal bebas.Peran asam klorogenat dalam menghambat pertumbuhan Cell Lines Hep-G2(sel kanker hepatoseluler) melalui reaksi oksidasi-reduksi dengan cara menangkap radikal bebas yang pada akhirnya menurunkan Reactive oxygen spesies (ROS).
Tak heran lagi kan dengan senyawa klorogenat atau asam klorogenat, ternyata asam ini memiliki banyak manfaat bagi dunia kesehatan dan ada lebih banyak kandungan senyawa ini pada kopi yang hijau dari pada kopi yang sudah disanghrai, karena jika sudah disanghrai kandungan asam klorogenat pada biji kopi berkurang. Bagi kamu yang tidak suka kopi tidak salah untuk mencoba meminum kopi karena kopi memiliki kandungan senyawa yang berguna bagi kesehatan dan memiliki banyak manfaat lainya,tetapi jika kamu minum itu juga disesuaikan dengan dosis jangan berlebihan sehingga ada manfaat nya bagi Tubuh dan kesehatan.